Ide Jitu Usaha Investasi Nilam

By | October 10, 2016

Ide Jitu Usaha dan Peluang usaha investasi nilam. Memang merupakan salah satu peluang usaha yang memerlukan biaya yang tidak sedikit “Tetapi bila berjalan, banyak masyarakat yang tertolong karena peluang usaha investasi nilam banyak memerlukan tenaga kerja”.

Untuk perhitungan modal peluang usaha investasi nilamini yang pertama perlu diperhitungkan dari alatnya dulu. Direncanakan mau memproduksi berapa banyak minyak nilam per minggu. Setting alatnya. Dari situ kemudian diseting luasan lahan tanaman nilam yang dibutuhkan. Untuk 1 kg bahan kering harus dikalikan empat.

Contoh peluang usaha investasi nilam . Untuk kapasitas alat 200 kg dengan dua kali penyulingan sehari, paling tidak membutuhkan lahan 16 hektare. Dan bisa ditambahkan lagi peralatan sampai kapasitas 800 kg, sehingga sehari dapat menyuling 1.600 kg. “Dengan kapasitas 200 kg, minimal dibutuhkan 12 hektare lahan. Kelipatan berikutnya sama. Return dari investasi lahan dan peralatan tidak sampai dua tahun sudah kembali, walaupun harga naik turun.


Untuk satu hektare lahan paling tidak biaya peluang usaha investasi nila
m nya Rp 35-40 juta. Kalau sehektare ditanami 25 ribu bibit, dan rata-rata produksi–dengan penanaman yang baik– 1 kg dari 1 pohon, maka akan menghasilkan 25 ton. Harga 1 kg tanaman nilam Rp 1.000 atau berarti Rp 25 juta. Biaya lahan dan bibit kurang lebih Rp 40 juta. Berarti dua kali panen, peluang usaha investasi nilam sudah kembali modal.

Tapi untuk biaya perawatan peluang usaha investasi nilam dan sebagainya dihitung tiga kali panen atau setahun baru kembali modal. Pada tahun berikutnya sudah murni pendapatan. “Jadi setahun BEP, tapi secara linear kita anggap saja dua tahun BEP,” jelasnya. Demikian juga untuk alat, dengan tiga kali panen atau satu tahun sudah tertutup. Dengan demikian, pada lahan 16 hektare dibutuhkan biaya Rp 30 juta x 16 = Rp 480 juta. Ini anggaran untuk lahannya saja.

Untuk kebutuhan alat pada peluang usaha investasi nilam , 1 boiler Rp 90 jutaan. Autoklep Rp 60-70 juta. Kalau punya dua autoklep atau alat penyulingan berarti Rp 120 juta + Rp 90 juta = Rp 210 juta. Ditambah instalasi dan lain-lainnya sekitar Rp 40 juta, total Rp 250 juta. Kemudian plus anggaran lahan Rp 480 juta = Rp 700 juta. “Total anggaran peluang usaha investasi nilam tersebut tahun kedua sudah kembali. Tanaman nilam dapat hidup sampai umur tiga tahun. Tahun kedua hingga ketiga murni keuntungan,”.

Tentu hasil peluang usaha investasi nilam tersebut sangat menggiurkan apalagi di tambah dengan kita bisa membatu masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.

Sumber : idepeluangusaha.com

Source: ide 17 bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *